Laman

Jumat, 17 Februari 2012

Program C/C++ dan Cara Seting Path GCC Compiler (MinGW)

Program yang dibuat menggunakan bahasa pemrograman C/C++ terkenal dengan kecepatan dan performa saat program tersebut dijalankan. Namun program C/C++ memiliki sintaks atau tata penulisan kode yang sulit dimengerti oleh programmer pemula. Terlebih lagi bahasa C/C++ memiliki tingkat kompleksitas yang tinggi dan tergantung dari mesin yang digunakan. Contohnya Application Programming Interface (API) pada mesin (platform) Linux dan Windows dapat berbeda. Artinya bila kita membuat program C/C++ untuk dipakai di platform Linux, program tersebut tidak akan bisa dikompilasi atau dijalankan di platform Windows, begitu juga sebaliknya. Hal ini tidak berlaku jika kita menggunakan fungsi-fungsi standar C/C++.

Artikel ini akan memaparkan pembuatan program C/C++ pada sistem operasi Windows menggunakan fungsi standar C/C++ menggunakan GCC Compiler melalui paket MinGW. Cara pengaturan path GCC compiler juga akan dibahas. Sebelumnya download dahulu software MinGW tersebut yang dapat kamu download secara free alias gratis.

Download: MinGW (Minimalist GNU for Windows)

Setelah MinGW di download, set path instalannya agar bisa dijalankan dari Command Prompt dari lokasi path mana saja. Caranya masuk Control Panel -> System. Setelah jendela System Properties muncul, pilih tab Advanced, klik tombol Environment Variables. Kemudian pilih Path pada grup box System variables. Setelah menu Path dipilih tekan tombol Edit. Selanjutnya kamu salin alamat folder "bin" pada program MinGW yang baru saja diinstal. Contoh salin alamat folder C:\MinGW\bin ke text box Variable value pada jendela Edit System Variable yang kamu buka tadi. Paste alamat tersebut pada string terakhir. Jangan menimpa (rewrite) string data yang sudah ada karena bisa membuat sistem crash. Pastikan tiap akhir string data kamu beri tanda titik-koma (;).

Contoh:
%SystemRoot%\system32;%SystemRoot%;%SystemRoot%\System32\Wbem;C:\Program Files\Java\jdk1.7.0_02\bin;C:\MinGW\bin;


Seting Path Instalasi MinGW


Tambahkan saja path C:\MinGW\bin; diakhir kumpulan string path seperti terlihat pada contoh di atas. Setelah semua beres, tinggal tekan tombol OK pada semua jendela yang telah kamu buka tadi. Sekarang coba jalankan Command Prompt, ketik gcc --v Jika terdapat keluaran informasi versi GCC maka kamu telah berhasil mengatur setingan path instalasi MinGW. Artinya kamu bisa memanggil program GCC Compiler dari path mana saja.


Informasi versi GCC


Oke, kita kembali ke program C/C++ yang akan kita buat. Buka notepad (diutamakan Notepad++), ketikan kode sederhana berikut, kemudian simpan dengan nama acak.c:

Bahasa C:
#include <stdio.h>
#include <time.h>

int main() {
  srand(time(0));
 int i;
 
  for (i = 0; i < 20; i++) {
    int random = rand() % 100;
    printf("%d\n", random);
  }
 
  getch();
  return 0;
}

- Compile: ketik gcc -o acak acak.c
- Run: ketik acak.exe

Untuk program dengan bahasa C++, simpan dengan nama acak.cpp

Bahasa C++:
#include <iostream>
#include <cstdlib>
#include <ctime>
using namespace std;

int main() {
  srand(time(0));

  for (int i = 0; i < 20; i++) {
    int random = rand() % 100;
    cout << random << endl;
  }
 
  cin.get();
  return 0;
}

- Compile: ketik g++ -o acak acak.cpp
- Run: ketik acak.exe

Terdapat sedikit perbedaan kode program antara C dan C++ dan cara kompilasinya. Pada bahasa C, fungsi standar input-output menggunakan header stdio.h sedangkan pada C++ menggunakan header iostream. Fungsi srand() dan rand() pada C++ berasal dari header cstdlib, sehingga header cstdlib perlu dituliskan. Perbedaan lainnya ada pada fungsi keluaran yakni printf() pada bahasa C dan cout pada bahasa C++. Agar program tidak langsung keluar saat dijalankan, digunakan fungsi getch() atau cin.get()

Untuk kompilasi pada bahasa C digunakan program gcc, sehingga perintah di Command Prompt menjadi gcc -o nama_file_keluaran kode_sumber.c

Sedangkan untuk bahasa C++ digunakan program g++ dengan perintah kompilasi g++ -o nama_file_keluaran kode_sumber.cpp


Hasil Program C/C++


Kalau ada IDE (Integrated Development Environment) seperti Microsoft Visual C++ atau Code::Blocks mengapa harus membuat program secara manual lewat command prompt seperti ini? Tujuannya agar kita bisa mengetahui cara-cara dasar kompilasi dan mengetahui bagaimana program itu dibuat tanpa dimanjakan dengan fitur-fitur mewah software IDE. Sehingga kemampuan programming kita bisa terasah dan hanya dengan bantuan notepad + command prompt kita bisa membuat program kecil sampai besar. Tentu jika bicara efisiensi waktu, menggunakan software IDE sangat membantu. Namun untuk belajar, cara manual seperti ini sangat berguna.

10 komentar:

  1. Gan, bikin tutorial compile source dari sourceforge dong !!! kabarin ane klo udah ya :)

    BalasHapus
  2. itu bukan gcc --v tapi gcc -v yaa??

    BalasHapus
  3. gcc --v dan gcc -v keluarannya sama saja koq..

    BalasHapus
  4. pake bhsa C++ ngetik scriptnya dmna ? trus compile run nya ngetiknya dmna ?

    #mf newbie

    BalasHapus
  5. tolong saya gan, kenapa selalu ada pesan "gcc" not recognized bla bla bla ya??? saya bingung. saya udah pake yg 32 bit sama 64 bit sama aja. laptop saya 64 bit. itu apanya ya kira2?? bantu saya ya agan agan.. keburu buat tugas ini haduuuuuuuh.. thanks before..

    BalasHapus
  6. not recognized berarti wingw nya belum terinstall

    BalasHapus
  7. thanks ya buat infonya :)

    BalasHapus
  8. mas, tolong infonya dong, Aku udah download minGW nya, pas di instal muncul minGW installation manager.... tu download2 lagi ya??

    BalasHapus
  9. ini ko pas nyoba di compile sama di run masih bnyak yang error ya bro ? , pengen belajar nih :)

    BalasHapus
  10. saya sudah install MinGW dan settting PATH dan ketika memanggil dengan gcc --v via console yag ada hanya notifikasi error, saya mengguakan win7 64 bit, kira2 itu kenapa ya...?
    kalau mau compile C++ via console/cmd harus install MinGw dulu kah...? atau ada cara lain...?

    tks

    BalasHapus