Halaman

Senin, 04 Juni 2012

Membuat Tampilan Aplikasi Qt Terlihat Native Pada GNOME

Aplikasi yang dibuat menggunakan Qt pada umumnya akan nampak berbeda jika dijalankan pada distro dengan Desktop Environment (DE) selain KDE. Misalnya pada desktop environment GNOME dan yang dibangun melalui GUI toolkit GTK+ lainnya, contohnya LXDE, Xfce, dan MATE, meskipun telah diset look and feel-nya agar bersifat native pada platform tertentu.

Qt adalah GUI Framework yang paling sering digunakan untuk membangun aplikasi pada desktop environment KDE menggunakan bahasa pemrograman C++. Sedangkan GTK+ adalah GUI toolkit yang paling sering digunakan untuk membuat aplikasi pada desktop environment GNOME menggunakan bahasa pemrograman C. Aplikasi berbasis Qt dan GTK+ dapat dibuat melalui bahasa pemrograman lain menggunakan binding contohnya seperti PyGTK, PyQt, Gtkmm, QtJambi, Gtk#, Qyoto, dan lain sebagainya.

Qt dan GTK+ bersifat multiplatform. Tampilan aplikasi yang dibuat dari Qt biasanya akan sedikit berbeda jika dijalankan pada distro Linux berbasis GTK+ seperti GNOME, Xfce, LXDE, MATE, dan Unity. Untuk membuat tampilannya nampak native (asli) pada GNOME maka diperlukan aplikasi qtconfig.

Saat ini kebanyakan aplikasi Qt dibuat dari versi Qt4, sehingga Anda perlu menginstal paket qt4-qtconfig. Untuk mengetahui aplikasi apa saja yang dibuat dengan Qt, silahkan lihat informasinya: Daftar aplikasi Qt.

Berikut ini salah satu tampilan aplikasi populer Qt/KDE untuk membaca file PDF yakni Okular. Terlihat aplikasi Okular ini tampak tidak seperti aplikasi lain yang dijalankan pada desktop environment berbasis GTK+ pada umumnya. Padahal aplikasi ini dijalankan pada distro dengan desktop environment LXDE.


Tampilan Okular pada desktop environment berbasis GTK+ (Non-Native)


Agar tampilannya terkesan native pada desktop environment GNOME/Xfce/LXDE/Unity, instal paket qt4-qtconfig. Caranya mudah, buka Terminal Linux, kemudian ketik perintah berikut:
sudo apt-get install qt4-qtconfig
Kadang Anda perlu menginstal juga paket dependencies lainnya. Setelah aplikasi tersebut berhasil diinstal, sekarang jalankan dengan perintah:
qtconfig


Pengaturan tampilan aplikasi Qt melalui Qt Configuration


Setelah aplikasi Qt Configuration dijalankan melalui perintah di atas, bukalah isi dari tab Appearance, ubahlah ke GTK+ pada opsi GUI Style. Tekan Ctrl + S untuk menyimpan pengaturannya. Anda juga bisa melakukan tune-up agar tampilannya semirip mungkin dengan aplikasi GTK+ dengan mengubah pengaturan lainnya.

Berikut hasil tampilan aplikasi Okular setelah diatur style GUI-nya ke GTK+ melalui pengaturan pada aplikasi Qt Configuration (qtconfig):


Tampilan Okular pada desktop environment berbasis GTK+ (Native)

Selamat Mencoba :D

1 komentar:

  1. Terima kasih, Kang. Baru tahu ada yang semacam ini. Selain tutorial ini, apa akang membuat aplikasi Qt juga?

    BalasHapus