Halaman

Selasa, 05 Juni 2012

Membuka File CHM di Sistem Linux Menggunakan kchmviewer

Sering kita download suatu file dokumen atau tutorial namun setelah di buka di sistem Linux, file tersebut tidak bisa dibuka. Setelah dilihat ternyata filenya berekstensi .CHM. Namun tidak perlu khawatir, karena file CHM dapat dibuka dengan mudah di sistem Linux menggunakan program khusus: kchmviewer.


Program kchmviewer untuk membuka file CHM di sistem Linux


Namun mengapa sistem Linux tidak bisa langsung mengenali file CHM lewat program document viewer seperti Evince dan Okular? File CHM atau lengkapnya Microsoft Compiled HTML Help adalah file yang dibuat oleh Microsoft yang bersifat propietary, tersusun atas kumpulan halaman HTML dengan index-nya. Sehingga jika file CHM dibuka di dalam sistem Linux, maka perlu program khusus untuk membukanya. Analoginya seperti membuka file .exe menggunakan program Wine :D

Cara instalasinya pun sangat mudah. Menggunakan terminal, Anda dapat menginstal program tersebut beserta file dependencies-nya. Berikut perintah instalasi programnya pada distro Ubuntu, Linux Mint, dan varian Debian lainnya:
sudo apt-get install kchmviewer
Jika Anda menggunakan distro Ubuntu dan distro lain yang memiliki desktop environment non KDE, misalnya GNOME, maka ada beberapa paket tambahan lainnya karena program kchmviewer ini adalah program yg dibuat menggunakan library KDE.

Apabila tampilannya tidak seperti aplikasi GNOME lainnya, maka Anda bisa coba cara merubah tampilan aplikasi Qt/KDE agar terlihat native di GNOME.

Program kchmviewer ini berbasis GUI (Graphical User Interface) sehingga cukup mudah digunakan. Untuk membuka file CHM melalui program kchmviewer ini, maka tinggal mengetikan perintah berikut di Terminal Linux:
kchmviewer namafile.chm
Semoga bermanfaat :D

Tidak ada komentar:

Posting Komentar