Halaman

Minggu, 10 Juni 2012

Mengaktifkan Nada Beep Speaker PC Internal Melalui Terminal Linux

Suara speaker internal pada PC atau sering dikenal dengan istilah nada beep sering digunakan pada komputer jaman dahulu sebagai output suara komputer. Untuk sekarang ini pembangkit suara tersebut digantikan oleh sound card. Namun bukan berarti speaker PC internal sudah tidak dipakai lagi. Saat ini speaker PC internal sering dipakai untuk menandakan ada-tidaknya kerusakan atau masalah hardware yang terdeteksi saat komputer booting. Contohnya jika RAM atau VGA bermasalah maka akan muncul nada "beep" ini.

Pada sistem Linux, suara PC internal atau beep ini bisa dipanggil lewat perintah beep. Pada beberapa distro, misalnya Ubuntu 12.04, program beep belum diinstal. Cara instalasinya sangat mudah. Ketikan perintah berikut pada terminal Linux:
sudo apt-get install beep
Jika sudah, maka coba jalankan dengan perintah:
beep -f 2000 -l 3000
Perintah di atas akan menghasilkan bunyi dengan frekuensi 2 kHz selama 3 detik.

Mengaktifkan Module PC Speaker
Jika perintah di atas tidak menghasilkan bunyi apapun, maka kemungkinan besar module kernel untuk PC Speaker belum di-load/diaktifkan oleh sistem operasinya. Cara mengaktifkannya adalah dengan mengetikan perintah:
sudo modprobe pcspkr
Setelah itu coba perintah untuk membunyikan nada seperti yang telah disebutkan di atas.

Menyimpan Setingan Secara Permanen
Agar modul pcspkr diaktifkan secara permanen, tinggal edit manual setingannya di dalam file blacklist.conf. File ini terletak di dalam folder /etc/modprobe.d

Ketikkan perintah berikut untuk mengubahnya melalui gedit:
sudo gedit /etc/modprobe.d/blacklist.conf
Carilah baris dengan teks:
blacklist pcspkr
Kemudian beri tanda pagar # di depan teks tersebut untuk menonaktifkan blacklist terhadap PC Speaker.
# blacklist pcspkr
Kemudian simpan perubahannya (Ctrl + S).

Sekarang, suara beep dapat dijalankan melalui terminal. Agar lebih fleksibel dan fungsional perintah beep ini bisa diakses melalui bahasa pemrograman agar bisa diprogram kapan dan bagaimana nada beep ini dibunyikan. Misalnya untuk keperluan notifikasi atau sekedar membuat nada yang dapat diatur tinggi-rendah frekuensinya dan juga lama-pendeknya nada itu dibunyikan. Silakan lihat contoh pemrogramannya secara lengkap di tulisan saya yang berjudul Program Alarm Beep dalam Bahasa C di Sistem Linux

1 komentar: