Halaman

Jumat, 08 Juni 2012

Mengambil Gambar Screenshot dengan scrot

Kadang kita butuh gambar tampilan desktop atau program yang sedang berjalan untuk keperluan presentasi atau sebagai data gambar. Nah, di sistem operasi Linux, terdapat program sederhana berbasis CLI (Command Line Interface) yang dinamakan scrot singkatan dari screenshot.

Ambil Gambar
Program sederhana ini sangat mudah digunakannya. Meskipun sederhana, program ini mudah di-customize. Untuk menjalankan program ini cukup ketikan perintah di Terminal: scrot <path><namafile>.<ekstensi>: Contoh menyimpan gambar di Desktop dengan nama screenshot-1 yang memiliki format .jpg:
cd ~
scrot Desktop/screenshot-1.jpg

Menghitung Mundur
Program scrot ini bisa juga untuk mengambil gambar dengan jeda waktu tertentu dalam satuan detik. Caranya dengan memberikan atribut -c -d <waktu>
cd ~
scrot Desktop/screenshot-1.jpg -c -d 5

Menyeleksi Tampilan
Selain memakai jeda waktu, program scrot ini bisa mengambil gambar screenshot dengan menyeleksi tampilan dengan panjang dan lebar tertentu yang diset melalui mouse. Caranya dengan memberikan atribut -s
cd ~
scrot Desktop/screenshot-1.jpg -s

Mengambil Gambar yang Sedang Fokus
Bila ingin mengambil gambar jendela atau program yang sedang fokus, tinggal tambahkan atribut -u
cd ~
scrot Desktop/screenshot-1.jpg -u

Mengatur Kualitas Gambar Hasil Screenshot
Program scrot ini dapat diatur kualitas gambar screenshot-nya dengan memberikan atribut -q <nilai-kualitas> Anda bisa mengatur nilai-kualitas antara 1-100. Nilai standarnya adalah 75. Semakin tinggi nilainya maka semakin bagus atau jernih hasil screenshotnya namun ukuran file gambar menjadi semakin besar. Contoh pengunaannya:
cd ~
scrot Desktop/screenshot-1.jpg -q 50

Semoga bermanfaat :D

Tidak ada komentar:

Posting Komentar