Halaman

Senin, 04 Juni 2012

Troubleshooting Mozilla Firefox Melalui Safe Mode pada Sistem Linux

Bagi yang sering menggunakan browser Mozilla Firefox, mungkin kadang-kadang mengalami crash, memory-bloated, freeze, dan semacamnya. Hal ini banyak sebabnya, bisa jadi karena bugs atau penggunaan add-ons, themes, atau plug-ins yang terlalu banyak atau belum kompatibel 100% dengan versi browsernya.

Cara sederhana untuk mengetahui penyebabnya, apakah dari instalasi add-ons, themes, atau instalasi tambahan lainnya adalah dengan masuk ke mode safe mode. Di dalam mode ini browser Mozilla Firefox akan diatur untuk menggunakan default settings untuk keperluan troubleshooting. Semua add-ons dan themes tambahan, hardware-acceleration, Just-in-time (JIT) JavaScript compiler akan di-disable.


Pengaturan beberapa opsi agar setingan disimpan secara permanen

Di dalam safe mode, browser Mozilla Firefox akan menggunakan default theme, control, dan default toolbar. Bagi yang tidak menggunakan themes atau toolbar tambahan, maka tampilannya tidak memiliki perbedaan.

Untuk menjalankan browser Mozilla Firefox pada kondisi safe mode, masukan perintah berikut pada Terminal Linux:
firefox -safe-mode
Jika perintah di atas tidak bisa dipakai untuk mengakses langsung aplikasi Mozilla Firefox, maka tentukan lokasi instalasi aplikasinya yang pada umumnya terletak pada folder /path/to/firefox dimana /path/to adalah parent folder dari folder firefox. Masukan perintah berikut untuk mengetahui lokasi instalasi dan versi browser Mozilla Firefox:
find /usr -name 'firefox' -type d
Misal lokasi instalasinya berada di directory atau path /usr/lib/firefox, maka masuklah ke directory tersebut, dengan perintah:
cd /usr/lib/firefox
Setelah berada pada folder tersebut, jalankan dengan perintah:
./firefox -safe-mode
Dari cara ini, jika browser Mozilla Firefox-nya berjalan lancar dan tidak ada masalah, maka kemungkinan besar dari instalasi add-ons, themes, toolbar, dan setingan tambahan lainnya yang Anda instal sebelumnya. Untuk memperbaikinya, Anda tinggal disable add-ons, themes, plugins, dan setingan lainnya dengan cara tekan Ctrl+Shift+A pada browser Mozilla Firefox dari mode normal (non safe mode).

Jika dijalankan dari safe mode sudah terjadi masalah, maka kemungkinan besar masalah ini disebabkan oleh adanya bugs. Untuk itu sangat dianjurkan untuk melakukan update browser Mozilla Firefox dan sistem Linux Anda. Sebagai tambahan, Anda bisa mengetahui informasi spesifik untuk keperluan troubleshooting dengan memasukan about:support pada address bar browsernya.

Semoga bermanfaat.

Referensi:
http://support.mozilla.org/en-US/kb/troubleshoot-firefox-issues-using-safe-mode
http://kb.mozillazine.org/Installation_directory
http://kb.mozillazine.org/Safe_mode

Tidak ada komentar:

Posting Komentar