Halaman

Senin, 16 Juli 2012

Mengatasi Masalah Could Not Get Lock pada Ubuntu Linux

Mungkin Anda sering mengalami masalah saat instalasi software atau melakukan update di dalam Ubuntu Linux. Namun pada tulisan ini hanya akan dijelaskan tentang "Could not get lock ..." terhadap proses instalasi software.

Hanya satu proses instalasi dalam satu waktu
Ubuntu Linux hanya membolehkan satu proses instalasi dalam satu waktu, artinya jika ada suatu software yang sedang diinstal baik menggunakan Synaptic Package Manager, Ubuntu Software Center, atau melalui perintah terminal (sudo apt-get install), maka Anda tidak diperbolehkan melakukan instalasi software lain sebelum proses instalasi software tersebut selesai.


Tidak dapat melakukan instalasi suatu paket aplikasi


Terjadi could not get lock saat tidak ada proses instalasi
Mungkin masalah di atas mudah dipahami bahwa saat suatu proses instalasi dijalankan mengunakan beberapa cara di atas, maka instalasi terhadap software lain tidak diperbolehkan. Tapi masalahnya jika tidak terlihat ada proses instalasi yang sedang berjalan namun Anda tidak diperbolehkan melakukan instalasi software. Hal ini terlihat aneh memang. Mungkin Anda bertanya: "Mengapa saya tidak bisa melakukan proses update atau instal padahal tidak ada proses instalasi satupun?". Contohnya pesan yang ditampilkan seperti:
  1. Could not get lock /var/lib/apt/lists/lock
  2. Could not get lock /var/lib/dpkg/lock

Solusi masalah
Apakah komputer perlu di-restart atau di-log off untuk mengatasi hal ini? Anda bisa dengan cara menghapus file lock sesuai path yang ditampilkan seperti terlihat pada pesan di atas tanpa perlu melakukan proses restart atau log off.

Jadi misalnya yang muncul pesan seperti ini:
Could not get lock /var/lib/apt/lists/lock
Maka solusinya lakukan dengan cara memberi perintah berikut melalui terminalnya:
sudo rm -f /var/lib/apt/lists/lock
Mungkin juga muncul pesan yang lain seperti:
Could not get lock /var/lib/dpkg/lock
Maka solusinya lakukan dengan cara memberi perintah berikut:
sudo rm -f /var/lib/dpkg/lock
Mungkin Anda mendapatkan pesan lain yang serupa dengan yang di atas. Namun intinya adalah menghapus file lock. Jika langkah tersebut telah dilakukan, jalankan kembali proses update atau instalasi software yang sebelumnya Anda inginkan.

Semoga bermanfaat...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar