Laman

Jumat, 13 Juli 2012

Menjalankan Post Installation Script CrunchBang 10

Setelah selesai menginstalasi distro Linux CrunchBang 10, maka kita akan disuguhi menu Post Installation Script. Menu ini bertujuan melakukan instalasi beberapa software tambahan melalui media internet.

Proses instalasi software tambahan pada menu Post Installation Script ini tidak harus dijalankan namun sebaiknya dilakukan karena ada beberapa software atau konfigurasi yang mungkin Anda perlukan. Sebenarnya Anda dapat secara manual instal software atau program satu per satu melalui program Synaptic Package Manager atau mengetik perintahnya langsung lewat terminal kemudian mengkonfigurasinya, namun melalui menu Post Installation Script ini, Anda sangat dimudahkan untuk keperluan instalasi dan konfigurasi beberapa software tambahan.


Post Installation Script (Start)


Ada dua belas menu proses instalasi software tambahannya dimana dua diantaranya adalah proses update dan upgrade sistem. Setiap menu proses bisa Anda abaikan (skip) kecuali menu update. Kedua belas menu proses tersebut antara lain:
  1. Welcome Screen
    Menu ini menampilkan informasi mengenai Post Installation Script. Anda perlu bertindak sebagai root jika ingin melanjutkan ke menu berikutnya karena Anda akan menginstal dan mengkonfigurasi beberapa software ke dalam sistem. Untuk menjadi root, Anda tinggal memasukan password bagi super user yang telah Anda tentukan saat proses instalasi distro CrunchBang 10 ini.

  2. Update Software Sources
    Langkah pertama sebelum melakukan instalasi software adalah memastikan bahwa sistem yamg kita pakai sudah up-to-date. Tekan tombol Enter untuk melakukan update atau tekan tombol q untuk keluar. Menu ini tidak bisa diloncati atau diabaikan (skip). Anda harus melakukan update atau keluar dari fitur Post Installation Script ini. Pada prosesnya, script yang dijalankan berupa perintah:
    sudo apt-get update
    

  3. Updated Installed Packages
    Menu ini akan menyajikan opsi kepada Anda apakah akan melakukan proses update terhadap paket yang telah terpasang pada sistem. Disarankan Anda menjalankan proses ini, tekan tombol s jika tidak ingin diupgrade paketnya. Proses ini memiliki perintah:
    sudo apt-get dist-upgrade
    

  4. Printer Support
    Jika Anda memiliki printer yang ingin dikonfigurasi dengan CrunchBang Linux, jalankan opsi pada menu ini. Perintah pada menu ini akan menginstal paket CUPS (Common Unix Printing System).
    cups cups-pdf system-config-printer hpijs
    

  5. Install Java Support
    Jika Anda memiliki software yang dibuat pakai bahasa pemrograman Java atau yang berjalan di atas platform Java, maka Anda perlu menginstal paket Java Runtime Environment (JRE). Jika Anda ingin membuat program berbasis platform Java, maka JRE saja tidak cukup. Dibutuhkan development kit atau sering disebut sebagai Java Development Kit (JDK). Di dalam JDK sudah terdapat JRE, namun di dalam JRE tidak ada JDK. Paket yang akan diinstal berupa:
    sun-java6-jre sun-java6-plugin
    

  6. Install LibreOffice
    CrunchBang dalam software bawaannya tidak menyertakan LibreOffice namun software office yang lebih minimalis yakni AbiWord dan Gnumeric. Jika Anda tidak puas dengan kedua software tersebut, disarankan menginstal software LibreOffice yang memiliki fitur dan kompatibilitas lebih baik. Paket yang akan diinstal berupa:
    libreoffice libreoffice-gtk
    

  7. Install Development Packages
    Menu ini dan seterusnya sampai menu dua belas diperuntukkan untuk developer atau programmer, namun Anda bisa juga melanjutkan untuk melakukan instalasi paket yang berhubungan dengan development program dan mengkonfigurasinya secara langsung. Development packages yang diinstal dan dikonfigurasi antara lain Apache server, PHP, MySQL atau yang dikenal dengan paket LAMP (Linux Apache MySQL PHP), dan beberapa modul atau paket lainnya. Menu selanjutnya hanya akan ditampilkan jika Anda menekan tombol apapun selain tombol s.

  8. Install Version Control Tools
    Jika Anda menggunakan version control tools semacam git, mercurial, atau subversion, maka Anda perlu menginstal software-software tersebut. Paket version control tools yang akan diinstal berupa:
    git mercurial subversion subversion-tools
    bzr bzrtools cvs
    

  9. Install SSH Server
    SSH server yang akan diinstal berupa OpenSSH (OpenBSD Secure Shell) server. OpenSSH merupakan program yang menyediakan fasilitas komunikasi yang terenkripsi antar jaringan komputer menggunakan protokol SSH. Paket yang akan diinstal berupa:
    openssh-server
    

  10. Install LAMP Stack
    LAMP merupakan kumpulan program seperti Apache server, MySQL database server dan PHP scripting language. Jika Anda menyukai pemrograman berbasis web menggunakan PHP dan MySQL maka proses ini perlu diperhitungkan untuk diinstal. Bukan hanya kelengkapan softwarenya yang perlu diinstal tetapi konfigurasi antar software tersebut akan diatur secara otomatis melalui proses instalasi pada menu ini. Anda tidak harus menginstalnya meski Anda ingin belajar pemrograman web, karena Anda bisa menginstal paket lain yaitu XAMPP atau LAMPP yang memiliki fungsi yang sama seperti aplikasi dalam LAMP stack ini. Paket berikut akan diinstal ke dalam sistem. Paket tersebut antara lain:
    apache2 mysql-server php5 php-pear php5-gd php5-mysql
    php5-imagick php5-curl curl phpmyadmin rsync cronolog
    

  11. Install LAMP Stack (Configurations)
    Menu ini berfungsi membuat symlink antara direktori Apache dan direktori home. Langkah ini memungkinkan Anda mengakses alamat http://localhost/nama_user dan nama path untuk menyimpan file web-nya ada di direktori /home/nama_user/htdocs.

  12. Install Developer Development For Debian Packaging
    Menu ini berisi script untuk menginstal beberapa paket tambahan pembuatan software atau lebih dikenal dengan sebuatan development tools yang dikhususkan untuk dijalankan pada lingkungan Debian. Paket yang akan diinstal antara lain:
    build-essential debhelper cdbs dh-make diff patch gnupg
    fakeroot lintian devscripts pbuilder dpatch dput quilt
    

Jika Anda meloncati (skip) suatu menu instalasi/konfigurasi, maka Anda dapat lakukan kembali proses instalasi atau konfigurasinya pada lain waktu.


Post Installation Script (Finished)


Nah pertanyaannya jika Anda mengabaikan fitur Post Instalation Script setelah menginstal distro CrunchBang Linux, perintah apa yang akan Anda panggil untuk menjalankan kembali fitur Post Installation Script ini?

Ternyata perintah untuk memanggil Post Installation Script ini sangatlah sederhana. Buka terminal CrunchBang (tekan super + T), terus ketikkan perintah berikut:
cb-welcome

Sekian, semoga bermanfaat...

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar