Halaman

Jumat, 07 September 2012

Cara Menggabungkan dan Membagi Beberapa File Pakai LXSPLIT

Artikel sederhana ini akan memberikan informasi kepada Anda bagaimana cara menggabungkan dan membagi-bagi beberapa file menggunakan program lxsplit di dalam sistem operasi Linux. Jika Anda memakai sistem operasi Windows, maka Anda bisa memakai program HJSPLIT.

Download file berukuran besar seperti file film atau game
Bila sebuah file terlalu besar ukurannya (misal file film atau game) maka untuk memudahkan pendistribusiannya (download) biasanya file tersebut dibagi (split) menjadi beberapa file yang biasanya penamaan filenya diakhiri dengan kode angka berurutan, misal file-film.mkv.001, file-film.mkv.002, file-film.mkv.003, dan seterusnya.

Keuntungan dan kerugian splitting/joining files
Keuntungan dari dibagi-baginya (splitting) sebuah file berukuran besar ini menjadi beberapa file dengan ukuran kecil adalah mempercepat proses download terutama bila file hosting-nya membolehkan paralel download. Keuntungan lain adalah meminimalkan kegagalan proses download.

Bayangkan jika sebuah file berukuran misalnya 4GB yang kemudian Anda download, namun pada saat proses download mencapai ukuran 3.6GB, tiba-tiba koneksi internet terputus dan file hosting tersebut tidak menyediakan resume download. Tentu file yang telah Anda download akan hilang atau minimal rusak.

Namun bila file tersebut dibagi-bagi menjadi misalnya masing-masing 500MB x 8 file maka jika koneksi internet terputus pada saat Anda mendownload keenam kalinya maka paling tidak Anda telah mendapatkan 5 buah file (file keenam hilang atau rusak). Sisanya bisa ditunda untuk di-download di lain waktu.

Selain ada keuntungannya maka ada kerugiannya yakni Anda harus mendownload satu per satu file tersebut. Hal ini sedikit mengganggu bila file hosting-nya tidak menyediakan fitur paralel download yang artinya sebuah file baru boleh didownload jika file lain telah selesai didownload. Namun biasanya antar download file yang satu dengan download file yang lain (pada file hosting yang sama) dibatasi oleh waktu jeda (sering terjadi jika Anda melakukan download dengan akses free download).

Splitting/joining files menggunakan program lxsplit di sistem Linux
Terlepas dari kekurangan dan kelebihan penggabungan dan pembagian file, bila Anda memakai sistem Linux, maka Anda bisa memakai program lxsplit. Program lxsplit ini berbasis CLI (Command Line Interface), sehingga Anda perlu menggunakannya melalui terminal Linux. Namun itu bukanlah masalah, karena pemakaian program lxsplit ini sangatlah mudah dan sederhana.

Jika Anda menggunakan sistem operasi Ubuntu Linux atau keturunan Debian, ketiklah perintah berikut di terminal untuk menginstal program lxsplit:
sudo apt-get install lxsplit
Program ini berukuran sangat kecil dan minim dependency terhadap library lainnya.

Menggabungkan beberapa file menjadi sebuah file (joining files)


Menggabungkan beberapa file memakai program lxsplit


Pastikan Anda mengetahui lokasi dimana file-file tersebut berada. Tempatkan file-file tersebut dalam sebuah folder. Misal file-file tersebut memiliki nama file-film.mkv.001, file-film.mkv.002, dan file-film.mkv.003 yang ditempatkan pada folder /home/user. Folder user di sini disesuaikan dengan nama user account Linux Anda.

Kemudian yang perlu Anda lakukan adalah cukup menuliskan file pertamanya saja dalam contoh ini Anda cukup melampirkan alamat file (path) file-film.mkv.001 dengan perintah:
lxsplit -j file-film.mkv.001
Setelah Anda menekan tombol Enter, tunggulah beberapa saat agar program lxsplit melakukan tugasnya untuk menggabungkan beberapa file tersebut. Lokasi output dari proses penggabungan itu ada di folder home/user dengan penamaan file yang sama dengan nama file-file penyusun sebelum digabungkan kecuali penomoran file dibelakangnya telah dihilangkan.

Jadi pada contoh ini file hasil keluarannya memiliki nama file-film.mkv dan tentu saja ukuran file tersebut menjadi besar, ukurannya setara dengan penjumlahan semua file-file penyusunnya tersebut.

Membagi sebuah file menjadi beberapa file (splitting file)


Membagi file memakai program lxsplit


Selain berfungsi menggabungkan beberapa file menjadi sebuah file, program lxsplit ini dapat digunakan untuk keperluan sebaliknya yakni memisahkan atau membagi sebuah file menjadi beberapa file dengan ukuran lebih kecil. Caranya dengan mengetikan perintah berikut di terminal Linux:
lxsplit -s file-film.mkv 30M
Pada perintah di atas, file-film.mkv akan dibagi dengan ukuran tiap filenya adalah 30MB (Anda bisa tentukan ukurannya sendiri, misal 10M, 50M, 100M, 200M, dan sebagainya). Hasilnya adalah berupa file-file dengan nama yang sama namun memiliki akhiran dengan penomoran yang berurutan, misalnya file-film.mkv.001, file-film.mkv.002, file-film.mkv.003, dan seterusnya.

Semoga artikel sederhana ini membantu Anda mengenai bagaimana cara menggabungkan dan membagikan sebuah file menjadi beberapa buah file menggunakan program lxsplit di dalam sistem operasi Linux.

keep learning by doing...

© 2012 husnanlabs.blogspot.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar