Halaman

Selasa, 11 September 2012

Menampilkan Menu open as administrator di Ubuntu 12.04

Menu open as administrator pada sistem operasi Ubuntu 12.04 tidak ditampilkan pada kondisi default (bawaan instalasi). Menu open as administrator ini pada Ubuntu 12.04 lumayan berguna jika suatu file atau folder yang hanya bisa diakses oleh root diubah oleh user account biasa (selain root).

Menu open as administrator ini ditampilkan saat user melakukan klik kanan pada suatu folder. Untuk lebih jelasnya lihat perbedaan tampilan berikut sebelum dan sesudah dilakukannya cara yang dijelaskan pada artikel ini:


Penambahan menu Open as administrator pada Ubuntu 12.04


Misalnya fitur open as administrator ini dipakai untuk menyalin suatu file atau folder dari folder /home/user ke folder /usr atau modifikasi lainnya seperti rename, delete, atau move terhadap file atau folder diluar folder /home.

Pada versi-versi sebelumnya (sebelum versi Ubuntu 11.10) menu open as administrator ini ditampilkan sejak dari instalasinya. Untuk memunculkan kembali pada Ubuntu 12.04 baik yang versi 32-bit atau 64-bit, silakan ikuti caranya sebagai berikut:
  1. Download file libnautilus-gksu.so
    File library inilah yang berfungsi untuk memunculkan menu open as administrator pada window manager Nautilus. File ini berada di dalam file paket .deb yang dipisah untuk versi Ubuntu 32-bit atau 64-bit. Silakan download file paket tersebut pada salah satu repo Ubuntu, misalnya di sini:
  2. Extract file .deb untuk mendapatkan file libnautilus-gksu.so
    File libnautilus-gksu.so ini terletak di dalam file .deb dari paket yang baru di download. Misalnya saja file yang di-download berada pada folder ~/Downloads. Untuk itu extract atau unzip-lah filenya paketnya. Ketikan perintah berikut melalui terminal Linux:
    # Untuk Ubuntu 32-bit
    dpkg -x ~/Downloads/nautilus-gksu_2.0.2-5ubuntu2_i386.deb ~/Downloads/
    
    # Untuk Ubuntu 64-bit
    dpkg -x ~/Downloads/nautilus-gksu_2.0.2-5ubuntu2_amd64.deb ~/Downloads/
    
    Perintah di atas akan mengekstrak folder usr ke dalam folder Downloads tepatnya memiliki path : ~/Downloads/usr. Folder usr merupakan salah satu folder yang berada di dalam paket .deb yang berisi file libnautilus-gksu.so

  3. Copy file libnautilus-gksu.so
    File libnautilus-gksu.so perlu ditempatkan pada foldernya yang khusus agar bisa dipakai oleh sistem operasi. Untuk itu salin atau copy file libnautilus-gksu.so dengan memakai perintah berikut:
    sudo cp ~/Downloads/usr/lib/nautilus/extensions-2.0/libnautilus-gksu.so /usr/lib/nautilus/extensions-3.0/
    

    Langkah memunculkan menu open as root pada Ubuntu 12.04

    Langkah terakhir yang perlu Anda lakukan adalah me-restart sistem operasi Ubuntu Linux Anda agar file library libnautilus-gksu.so di-load oleh sistem operasi.

Selamat mencoba... keep learning by doing...

© 2012 husnanlabs.blogspot.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar