Halaman

Jumat, 14 Desember 2012

Compiler, Tools, IDE Program C++ di Sistem Operasi Linux

Compiler, Tools, IDE untuk membuat program C++ di sistem operasi Linux ada beberapa diantaranya yang cukup terkenal dan memiliki fitur yang bagus dan berkualitas. GCC (GNU Compiler Collection) adalah salah satu compiler yang sangat terkenal dan banyak dipakai programmer C++ baik di sistem operasi Linux(GCC) atau Windows (MinGW).

Compiler g++

GNU GCC Compiler
GNU GCC Compiler


Program C++ memerlukan compiler tersendiri di dalam GNU GCC Compiler yakni g++. Untuk itu di dalam sistem operasi Ubuntu Linux, Anda dapat menginstal compiler g++ dengan cara yang sangat mudah, yakni melalui terminal, ketikkan perintah berikut:
sudo apt-get install g++

Selain itu Anda juga dapat menginstal compiler g++ dengan cara mengetikan perintah:
sudo apt-get install build-essential

Perbedaannya adalah, pada perintah kedua (build-essential), beberapa development packages (paket) ikut diinstal. Paket-paket tersebut digunakan untuk membuat Debian Packages. Tapi tidak ada salahnya Anda menginstal dengan cara ini.

Code::Blocks IDE
Code::Blocks IDE merupakan free IDE (Integrated Development Environment) yang sangat baik untuk membuat program C++. Code::Blocks membutuhkan C++ Compiler, salah satunya adalah GNU GCC Compiler. Untuk itu Anda memerlukan GNU GCC Compiler terlebih dahulu sebelum menginstalnya.

Template untuk pembuatan project pada Code::Blocks IDE ini sangat lengkap. Diantaranya template untuk membuat program C++ berbasis ARM, GLUT, OGRE, SDL, GTK+, OpenGL, Qt4, WxWidgets dan aplikasi Console. Code::Blocks IDE sangat direkomendasikan untuk pembuatan program C++ secara umum.

Code::Blocks IDE
Code::Blocks IDE (About)


Code::Blocks IDE juga cocok untuk pembuatan aplikasi atau program C++ berbasis WxWidgets GUI toolkit. Tersedia GUI Builder untuk pembuatan aplikasi atau program C++ berbasis WxWidgets. Artinya Anda dapat membuat program C++ dengan fasilitas drag n drop komponen GUI (WxWidgets).

Untuk menginstalnya di sistem Linux, Anda dapat menggunakan perintah berikut:
sudo apt-get install codeblocks

Code::Blocks IDE untuk sistem operasi Windows dapat Anda download di sini.

Qt Creator IDE
Qt Creator IDE merupakan IDE favorit untuk pembuatan aplikasi C++ berbasis Qt Framework. Qt merupakan C++ Framework yang memudahkan Anda membuat aplikasi atau program C++ khususnya yang berbasis GUI yang dapat berjalan secara multiplatform. Library Qt sangat kaya. Melalui Qt libraries, Anda dapat membuat program C++ dari jenis aplikasi console sampai berbasis mobile. Qt juga merupakan pilar utama desktop environment KDE. Qt memiliki lisensi free (GPL dan LGPL) maupun Commercial.

Sangat dianjurkan Anda menggunakan Qt Creator untuk membuat aplikasi atau program C++ berbasis Qt Framework. Anda dapat membuat program Qt berbasis GUI dengan cara drag n drop komponen GUI (Qt).

Tentu saja program C++ sederhana dapat dibuat dengan mudah melalui Qt Creator ini. Namun Qt Creator memang ditujukan untuk membuat aplikasi atau program C++ yang berbasis Qt Framework.

Qt Creator IDE (About)
Qt Creator IDE (About)


Qt Creator membutuhkan compiler (sama halnya Code::Blocks), yakni salah satunya GNU GCC Compiler. Pada sistem Linux (khususnya Ubuntu dan turunan Debian lainnya), Anda dapat menginstalnya secara mudah melalui terminal dengan perintah:
sudo apt-get install qtcreator

Jika Anda belum menginstal GNU GCC compiler dan juga Qt libraries(Qt SDK), maka secara otomatis akan diinstalkan juga melalui perintah di atas.

Untuk sistem operasi Windows, Anda dapat download Qt libraries(Qt SDK) dan Qt Creator di sini.

Semoga Anda dapat membuat aplikasi atau program C++ di sistem operasi Linux maupun sistem operasi lainnya dengan menggunakan compiler, tools, dan IDE yang free namun berkualitas tinggi.

© 2012 husnanlabs.blogspot.com

1 komentar: